Minggu, 25 November 2012

TIPS MERAWAT EKSTERIOR KENDARAAN ANDA


Kendaraan Anda juga perlu dibersihkan agar terlihat rapi dan menjaga nilainya. Berikut beberapa tips dan trik dalam mencuci bagian eksterior mobil Mitsubishi kesayangan Anda:
1. Pilih bahan yang tidak mengandung formula yang dapat membuat korosi alias karat. misalnya Bahan-bahan mengandung; petrol, paint thiner,benzene, turpentine, naphta, lacquer thiner, carbon tetrachloride, nail polish remover, dan acetone.

2. Hindari mencuci kendaraan pada sinar matahari langsung. Parkirlah kendaraan di tempat yang teduh dan siram dengan air untuk menghilangkan debu. Selanjutnya pergunakanlah air  bersih dan sikat yang halus atau busa. cuci kendaraan dari atas kebawah dan kemudian keringkan dengan kain lembut. Setelah mencuci kendaraan bersihkan bagian sambungan pintu, kap mesin, dan lain-lain yang sekiranya kotoran terkumpul.

3. Bersihkan kendaraan segera apabila terdapat air laut, jelaga, dan debu, serbuk besi dari pabrik, zat kimia, kotoran burung, serangga dan getah. Benda-benda tersebut akan menyebabkan karat, warna pudar dan kendaran menjadi bernoda apabila tidak segera dibersihkan.

4. Jangan sekali-kali menyiram atau menyemprotkan air ke komponen elektrik didalam ruang mesin. hal ini akan berpengaruh buruk saat menghidupkan mesin. Selain itu, perhatikan sat menbersihkan bagian bawah kendaraan, jangan menyemprotkan air ke ruang mesin.

5. Jangan mencuci kendaraan berulang-ulang dengan pencuci kendaraan karena memungkinkan sikatnya dapat menggores dan mengurangi kilapnya cat, terutama bagi kendaraan anda yang mempunyai cat warna gelap.

6. Beberapa tipe pembersih air panas dilengkapi dengan tekanan tinggi, dan dapat memanaskan kendaraan. Hal ini mungkin akan menyebabkan perubahan bentuk dan kerusakan pada komponen resin dan mengakibatkan banjir pada bagian da lam kendaraan. Oleh karen itu, jagalah jaraksekitar 50cm dan sudut yang tepat ke permukaan kaca.

7. Saat Menggunakan pencuci mobil otomatis, ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu lipatlah kaca spion luar dari kendaraan anda. Lepaskan antena mobil kendaraan anda, lipat lengan wiper.

8. Setelah mencuci kendaraan, mengemudilah dengan pelan dan sedikit menekan pedal rem beberapa kali untuk mengeringkan rem. Hal ini sangat berguna, karena apabila rem basah makan dapat mempengaruhi kemampuan rem. Dan juga ada kemungkinan rem menjadi macet dikarenakan karat, sehingga kendaraan tidak dapt bergerak.

Sumber: Majalah Evolution Edisi Juli-Sept 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar